Cara Aktivasi Windows 10

Windows 10 merupakan sistem operasi dari Microsoft yang cukup populer dan dipakai oleh sebagian besar pengguna Personal Computer (PC) atau laptop di seluruh Indonesia. Windows 10 menawarkan berbagai kemudahan yang bisa didapatkan oleh para penggunanya. Jika dibandingkan dengan sistem operasi sebelumnya yaitu Windows 8, Windows 10 menawarkan lebih banyak fitur yang menarik.

Seiring dengan populernya Windows 10 tersebut, maka permintaan untuk menggunakan produk dari Microsoft tersebut juga semakin meningkat. Jika Anda ingin memiliki PC/laptop dengan sistem operasi Windows 10, Anda pun sebaiknya mengetahui soal cara aktivasi Windows 10. Hal tersebut akan berguna apabila di suatu hari nanti ada masalah yang mengharuskan sistem operasi Anda diaktivasi kembali.

Saat ini, ada tiga versi Windows 10 yang beredar di pasaran. Ketiga versi tersebut adalah Windows 10 Pro, Home, dan Enterprise. Jika Anda sedang mencari cara untuk mengaktifkan Windows 10 Anda, maka kali ini saya akan menyajikan pembahasan soal cara aktivasi Windows 10 pro yang bisa Anda gunakan sebagai referensi. Untuk dua versi lainnya yaitu Home dan Enterprise caranya kurang lebih sama.

Cara Aktivasi Windows 10.1

Cara Aktivasi Windows 10 Pro Permanen

Sebelum masuk ke pembahasan aktivasi Windows 10, Anda sebaiknya sudah melakukan instalasi Windows 10 terlebih dahulu. Saya sudah pernah membahas soal cara install Windows 10 di artikel sebelumnya. Jika Anda sudah membaca artikel tersebut dan berhasil menginstal Windows 10, maka kini Anda sudah siap untuk masuk ke tahap aktivasi.

  1. Menggunakan Lisensi Digital

Untuk mengaktifkan Windows 10 Pro, Anda sebaiknya memiliki lisensi digital yang original dari Microsoft (Ini cukup lumayan mahal biayanya). Hal ini akan sangat berguna jika nantinya Anda terpaksa harus menginstal ulang sistem operasi tersebut. Selain itu, dengan membeli lisensi digital asli, Anda sudah berkontribusi dalam mencegah penyebaran software bajakan.

Saat ini, pengguna Windows 10 sudah dimudahkan dengan penjualan lisensi digitalnya yang cukup murah. Sudah banyak penjual yang menawarkan lisensi digital Windows 10 Asli dengan harga yang berbeda beda, kenapa harga nya jauh lebih murah, karena biasanya para penjual membeli nya untuk banyak license jadi jauh lebih murah untuk di jual kembali. Untuk mendapatkan lisensi digital tersebut, Anda bisa langsung mengecek di berbagai marketplace seperti Tokopedia, Bukalapak, dan Shopee, dll kemudian membelinya di sana, atau Anda bisa coba klik link ini https://tokopedia.link/yViCDdfCD0 untuk membeli lisensi nya. Ini bukan toko saya, tapi dari komen dan ulasannya menunjukan penjual terpecaya.

  1. Proses Aktivasi

Apabila Anda sudah mendapatkan lisensi digital, maka Anda siap untuk menuju ke tahap selanjutnya yakni proses aktivasi Windows 10. Cara aktivasi Windows 10 Pro bukanlah sesuatu yang rumit jika Anda mengetahuinya. Berikut adalah langkah-langkah yang bisa Anda gunakan untuk mengaktivasi Windows 10 Pro di PC/laptop Anda.

  • Langkah pertama silakan menuju ke setting. Untuk lebih mudahnya, Anda bisa memanfaatkan fitur search saat Anda berada di menu start seperti di bawah ini.

Cara Aktivasi Windows 10.2

  • Langkah kedua, saat Anda berada di menu setting, Anda bisa langsung menuju ke Activation, lalu klik change product key. Cara ini juga bisa digunakan untuk mengganti lisensi bagi Anda yang sudah terlanjur memakai lisensi yang tidak resmi atau tidak original.

Cara Aktivasi Windows 10.3

  • Langkah ketiga adalah Masukkan product key yang sudah Anda dapatkan dari proses membelinya di marketplace tadi. Kemudian, Anda bisa klik Next.

Cara Aktivasi Windows 10.4

  • Langkah keempat, Anda tinggal melakukan klik Activate

Cara Aktivasi Windows 10.5

  • Dan akhirnya Windows 10 Pro teraktivasi.

Cara Aktivasi Windows 10.6

Jika Anda sudah berhasil melakukan aktivasi pada Windows 10 Pro, maka Anda pun bisa menggunakan semua fitur yang ditawarkan oleh Microsoft pada sistem operasinya itu. Salah satu kelebihan yang dimiliki oleh Windows 10 adalah dengan adanya sebuah virtual assistance yang diberi nama Cortana.

Cortana memang sempat diperkenalkan untuk pertama kali sebagai virtual assistance di Windows 8.1. Namun, kabarnya Microsoft sudah mengupgrade kemampuan yang dimiliki oleh Cortana menjadi lebih baik di Windows 10. Dilansir dari IT-Jurnal, Cortana bisa membantu para penggunanya untuk melaksanakan perintah-perintah tertentu.

Cortana bisa melakukan hal-hal seperti yang dilakukan oleh Siri (Apple) dan Google Now. Jadi, Cortana bisa mengatur jadwal, mengatur alarm, membuka informasi seperti informasi kondisi cuaca sebuah wilayah, keadaan lalu lintas, skor olahraga, hingga biografi yang terkoneksi melalui situs pencarian mereka yakni Bing.

Demikianlah pembahasan saya mengenai cara aktivasi Windows 10 Pro yang bisa Anda gunakan sebagai acuan atau referensi. Simak juga ulasan-ulasan menarik saya yang lainnya ya. Untuk artikel selanjutnya, kami akan mengulas soal cara mematikan update Windows 10. Terima kasih dan sampai jumpa.

Penulis

Cahyo

Content writer Technote.id yang berdomisili di Aceh. Saya sajikan informasi-informasi menarik bagi Anda pembaca setia Technote.id.

Leave a Comment