Cara Burning CD

CD/DVD menjadi salah satu opsi yang sering dipilih untuk melakukan backup data-data karena harganya yang sangat murah jika dibandingkan dengan flashdisk apalagi harddisk.

Selain harganya murah, bentuk CD yang tipis membuat kita tidak perlu khawatir mudah rusak karena jatuh atau tertumpuk barang lainnya.

Jika kamu bisa merawat dengan baik dan benar CD ini bisa bertahan sampai belasan bahkan puluhan tahun.

Dengan harga belasan ribu kamu bisa mendapatkan CD yang mana bisa memiliki kapasitas mulai dari 800 MB sampai 4 GB bahkan bisa lebih, besarnya kapasitas tergantung jenis CD/DVD yang kamu beli.

Namun ada hal yang perlu diperhatikan jika kamu ingin backup data dengan CD yaitu proses transfer data yang cukup lambat sehingga membutuhkan waktu yang lumayan juga.

Baca juga: Tutorial Cara Sharing Printer Windows 7/8/10 Melalui Wifi

Ya, semua hal tentu ada keuntungan dan kelebihannya. Satu hal lagi yang harus kamu ketahui yaitu mengenai pemindahan file dari komputer ke CD ini berbeda dengan proses pemindahan file ke flashdisk atau harddisk, cara transfer file ke CD ini disebut dengan burning.

Perlu kamu ketahui juga bahwa di jenis CD tertentu jika kamu sudah melakukan burning maka file sudah tidak dapat diedit lagi (termasuk menghapus file), karena setelah kamu masukkan file ke CD maka akan tersimpan secara permanen.

Maka dari itu jika ingin melakukan burning CD pastikan filenya sudah benar supaya tidak membeli CD lagi karena filenya salah.

Nah, kira-kira bagaimana sih cara burning file ke CD baik menggunakan software tambahan atau pun tanpa menggunakan software? Dibawah ini akan saya bahas cara melakukannya, simak baik-baik ya.

Burning CD/DVD Tanpa Menggunakan Software

Untuk cara pertama ini adalah melakukan burning CD tanpa bantuan aplikasi, cara ini bisa diterapkan di windows 7, 8, ataupun windows 10. Berikut caranya:

  • Langkah pertama silahkan masukkan CD/DVD yang sudah kamu beli dan masih kosong ke dalam CD drive laptop kamu.

Cara burning file ke cd

  • Selanjutnya cari file mana yang ingin kamu burning, saran saya masukkan semua file tersebut kedalam sebuah folder khusus agar lebih mempermudah. Jika sudah silahkan klik kanan pada folder tersebut kemudian pilih Sent To -> DVD RW Drive (E:)
  • Maka akan muncul tampilan pop up “Burn a Disk”. dibagian title bisa kamu tuliskan sesuai keinginan kamu, selanjutnya centeng pilihan “With a CD/DVD Player” lalu klik “Next”.
  • Setelah itu file atau folder yang sudah kamu pilih akan disalin ke CD/DVD dan akan terbuka di jendela windows baru, jika tidak terbuka dijendela baru kamu bisa klik di Computer -> DVD RW Drive.
  • Langkah selanjutnya klik tab Manage lalu pilih “Finish burning” untuk menyelesaikan proses pemindahan file ke CD.

cara burning cd windows 10

  • Kemudian akan muncul jendela baru untuk memulia proses burning, dibagian title bisa kamu ubah sesuai keinginan. Jangan lupa centeng pada kotak dialog bawah lalu klik “Next”.

cara burning cd windows 7

  • Selanjutnya proses burning akan berlangsung, jika sudah selesai langsung saja klik “Next”.

Dan sekarang file sudah dipindahkan ke CD/DVD kamu! Mudah bukan cara burning CD di windows 7, 8, dan 10 tanpa aplikasi ini. Jika cara tersebut masih belum berhasil maka kamu bisa mencoba juga burning dengan bantuan aplikasi, berikut caranya.

Burning Menggunakan Software Nero

cara burning cd dengan nero

Ok, untuk yang kedua ini saya akan menjelaskan cara burning CD dengan nero. Berikut ini langkah-langkahnya:

  • Pertama silahkan buka CD Drive kemudian masukkan CD/DVD yang masih kosong.
  • Selanjutnya buka aplikasi Nero Burning Rom.

cara burning video ke cd

  • Silahkan pilih CD mana yang kamu gunakan, ini sesuai dengan file yang ingin kamu pindahkan. Jika bentuknya documents, pdf, dan lainnya bisa memilih “CD-ROM (UDF)”. Jika sudah langsung klik “New”.
  • Langkah selanjutnya silahkan cari file atau folder yang ingin kamu burning, jika sudah ketemu langsung klik kanan pada file atau folder kemudian pilih “Copy”.
  • Kemudian paste ke bagian kosong disebelah kiri. Jika sudah berhasil silahkan pilih “Burn” untuk memulai proses transfer.
  • Untuk proses selanjutnya pilih menu tab “Burn” paling pojok maka akan muncul beberapa pilihan, silahkan centeng di bagian “Write” dan “Verify written data”. jika sudah langsung klik “Burn”.
  • Jika muncul kotak dialog lagi klik saja “Yes”.
  • Proses burning pun akan berlangsung, silahkan tunggu beberapa saat sampai akhirnya muncul pemberitahuan proses burning selesai.

Ok, itulah pembahasan yang bisa saya sampaikan mengenai cara burning cd baik tanpa menggunakan software ataupun dengan bantuan software. Semoga artikel ini bisa memberikan manfaat.

Penulis

Riska Amelia

"Sometimes I feel like giving up then I remember I have a lot motherfuckers to prove wrong"

Leave a Comment