Cara Cleaning Printer

Printer yang digunakan perlu untuk dilakukan cleaning sewaktu-waktu. Fungsi cleaning ini untuk mengurangi kesalahan print, meningkatkan kualitas cetakan serta meremajakan sistem.

Oleh karena itu, penting untuk melakukan cara cleaning printer secara berkala.

Cara Cleaning Printer Canon dan Langkah-langkahnya

Melakukan pembersihan printer bisa dilakukan secara cepat serta deep. Keduanya memiliki fungsi yang sama, namun deep cleaning akan membersihkan printer dan cartridgenya dengan lebih baik tetapi memakan waktu lebih lama. Adapun langkah pembersihannya adalah sebagai berikut:

Langkah Pembersihannya

  1. Pada windows kliklah pilihan device & printer dari menu control panel.
  2. Setelah itu pilih printer yang terkoneksi dengan komputer Anda.
  3. Klik kanan pada gambar printer dan pilihlah printer properties.
  4. Setelah muncul jendela berikutnya klik kembali maintenance.
  5. Cara cleaning printer berikutnya yaitu memilih antara dua pilihan yaitu cleaning atau deep cleaning.
  6. Kliklah cleaning, kemudian pilih di antara tiga pilihan dimana Anda dapat membersihkan cartridge semua warna, hitam atau berwarna saja. Setelah itu tekan tombol laksanakan.
  7. Kemudian Anda harus menunggu beberapa detik sampai prosesnya selesai.
  8. Setelah itu akan muncul pilihan untuk mencetak pola setelah printer berhasil dibersihkan apakah warna yang dicetak telah sesuai dan menjadi lebih baik dan jelas.
  9. Langkah untuk pencetakan perlu dilakukan agar Anda mengetahui dengan baik apakah hasil cetakan telah membaik layaknya seperti baru.
  10. Hasil cetakan pola yang telah dilakukan akan muncul pada jendela berikutnya. Anda bisa membaca keterangan di bawahnya sebagai panduan.
  11. Jika hasil cetakan telah sesuai maka printer dapat langsung Anda gunakan. Namun, jika terjadi perbedaan pada pola pertama maka Anda bisa melakukan cleaning sekali lagi. Jika hasilnya tidak membaik maka disarankan untuk melakukan deep cleaning.

Cara cleaning printer di atas bisa Anda pilih deep cleaning jika printer yang dimiliki telah berusia cukup lama. Karena, cartridge tinta dapat mengendap dan mengeras sehingga sulit untuk melakukan pencetakan. Untuk melakukannya, Anda pilih deep cleaning setelah klik menu printer properties.

Deep cleaning sebenarnya cukup efektif untuk mengatasi printer dengan cartridge yang tua atau belum diganti sebelumnya. Namun, prosesnya cukup lama sehingga Anda harus bersabar. Setelah selesai, Anda perlu memastikan dengan mencetak kertas baru dan memperhatikan warnanya dengan baik.

Selain printer, Anda juga perlu melakukan head cleaning. Jika cleaning sebelumnya fokus pada hasil cetakan, maka cleaning satu ini berfokus pada mulut semprot pada cartridge tersebut. Jadi, pembersihan ini berguna untuk meningkatkan kualitas hasil cetakan akhir. Nah, tujuan untuk melakukan cara cleaning printer pada bagian head cartridge adalah sebagai berikut:

  • Proses pembersihan dilakukan pada mulut semprot cartridge agar proses pengeluaran tinta menjadi lebih baik dan lancar.
  • Menghilangkan kotoran ataupun sumbatan yang mungkin ada di head cartridge tersebut.
  • Cara cleaning printer satu ini merupakan upaya awal yang efektif dan relatif aman.
  • Proses pembersihan secara mendalam berfungsi untuk menangani kualitas hasil cetakan yang semakin menurun karena faktor usia pemakaian.
  • Sedangkan head cleaning berfungsi untuk mengatasi masalah masuk angin pada cartridge, sehingga proses printing menjadi lebih baik dan semakin lancar.

Cara cleaning printer ini sangatlah bermanfaat untuk mengatasi berbagai masalah.  Namun, jika Anda memiliki printer baru maka hindarilah menggunakan cleaning terlalu sering terutama pada bagian head cleaning. Karena dapat mengakibatkan kerusakan yang dapat mengganggu hasil print di kemudian hari.

Alasan lainnya adalah, karena pada beberapa merk printer seperti Canon biasanya akan melakukan head cleaning secara otomatis ketika akan dimatikan. Ketika menekan tombol off, printer akan beroperasi sejenak untuk melakukan pembersihan terutama pada bagian head agar Anda dapat melakukan printing dengan baik untuk penggunaan berikutnya.

Nah, demikianlah cara cleaning printer beserta langkah dan kegunaannya yang perlu Anda ketahui. Namun, cara ini sangat sesuai jika Anda memiliki printer Canon. Jika tidak, maka Anda tinggal melakukan beberapa penyesuaian. Namun, langkah yang dibutuhkan kurang lebih sama hanya saja tampilan menu dan pilihannya akan sedikit berbeda.

Penulis

Cahyo

Content writer Technote.id yang berdomisili di Aceh. Saya sajikan informasi-informasi menarik bagi Anda pembaca setia Technote.id.

Leave a Comment