Cara Instal Windows 10

Untuk berbagai alasan, Windows 10 memang bisa mengalami beberapa masalah. Namun, masalah tersebut tak semuanya sulit diatasi dan salah satu solusi untuk beberapa masalah di Windows 10 adalah dengan menginstal ulangnya. Namun tidak semua orang bisa melakukannya sendiri, maka dari itu, beberapa orang yang menggunakan OS tersebut banyak yang mencari cara instal Windows 10 yang bisa mereka ikuti.

Beberapa websites memang sudah menyajikan cara instal windows 10, tetapi tidak semuanya bisa dikuti secara sederhana dan mudah dipahami. Panduan yang akan saya berikan dibawah ini sangat cocok untuk pemula atau sebelumnya belum pernah melakukan proses instal ulang windows 10 dengan flasdick ataupun dengan DVD cara ini bisa Anda gunakan untuk menginstal Operating System (OS) berbasis Windows 10 di Personal Computer (PC) Anda atau di laptop Anda.

Backup Data Sebelum Mulai Proses Instalasi Windows 10

Anda sebaiknya melakukan backup data-data penting yang tersimpan di hard disk Anda. Jika Anda memiliki hard disk external, simpan data penting Anda di sana untuk mengamankan file-file Anda. Jika Anda memiliki flashdisk berkapasitas besar, Anda bisa juga menyimpan data Anda di sana. Umumnya, partisi drive C akan dihapus dan diisi dengan file-file Windows 10 yang baru. Maka, data-data penting sebelumnya wajib di backup

Setelah melakukan backup data, Anda bisa mempersiapkan installer Windows 10 yang akan Anda gunakan untuk memasang OS tersebut ke dalam PC atau laptop Anda. Umumnya, menginstal Windows 10 bisa dilakukan dengan dua cara, yaitu dengan menggunakan flasdick dan menggunakan DVD. Namun, sebelum memasuki instalasi menggunakan dua media tersebut, Anda harus melakukan setting primary boot.

Cara Instal Windows 10 Dengan Flasdick

Salah satu cara melakukan instalasi Windows 10 dengan mudah adalah menggunakan flasdick. Anda hanya perlu memiliki sebuah flasdick bootable yang bisa digunakan untuk menginstal Windows 10 di PC atau laptop Anda. Salah satu cara untuk membuat flasdick Anda menjadi bootable adalah dengan menggunakan software bernama Rufus.

Pelajari: Cara membuat flasdick bootable dengan Rufus

Berikut adalah langkah-langkah yang bisa Anda gunakan untuk melakukan setting BIOS sebelum ke proses instalasi.

  1. Colokan Flasdick bootable ke salah satu slot usb di PC/Laptop Anda
  2. Restart PC/Laptop
  3. Untuk masuk ke BIOS setelah restart tekan dan tahan tombol DEL jika tidak masuk ke BIOS beberapa motherboard perlu menekan tombol Fn + F1, F2, F10, F12, dan juga ESC silahkan di coba satu satu yah.
  4. Setelah masuk ke menu Setting BIOS
  5. Cari Menu Boot
  6. Ubah Opsi pertama Boot dari Hard Drive ke Flasdick Anda masing” atau disini pilihan boot saya adalah Removable Devices tapi biasanya adalah nama flasdicknya.
  7. Simpan Setting dan Restart Pc/Laptop
Product key windows 10
Settingan Menu BIOS
Bios boot windows 10
Settingan Menu Boot dibuat seperti ini

Proses Instalasi Windows 10 dengan Flasdick

  1. Pastikan PC/laptop Anda memasuki menu booting dari flasdick.
  1. Anda akan diminta untuk memilih bahasa, maka Anda silakan untuk mengatur settingan bahasa yang ingin Anda gunakan saat proses instalasi ini berlangsung.

Product key windows 10

  1. Mulai proses instal Windows 10 dengan mengklik Instal Now (Jika dalam bahasa Inggris).

Instal now windows 10

  1. Apabila Anda mendapati box dialog untuk melakukan aktivasi, maka lewati saja dengan klik I don’t have a product key, proses cara aktivasi windows 10 akan saya bahas di artikel selanjutnya.

Product key windows 10

  1. Anda akan disajikan beberapa tipe Windows 10 dan silakan pilih tipe Windows 10 yang Anda miliki dan ingin Anda install lalu klik Next. Pada proses ini silahkan pilih versi windows 10 yang mana saja, masing masing windows akan saya bahas cara aktivasinya. Baca : Cara Aktivasi Windows 10
  2. Selanjutnya Anda akan masuk pada step ketentuan lisensi dari Windows 10. Sebaiknya Anda membaca ketentuan tersebut lalu jika Anda menyetujuinya, klik I accept the license terms dan klik Next.

windows setup 10.1

  1. Pilih metode instalasi Windows 10. Saat memasuki langkah ini, Anda sebaiknya memilih Custom: Instal Windows only (advanced). Seperti yang saya contohkan dibawah ini.

windows 10 setup

  1. Pilih drive atau partisi yang ingin Anda gunakan sebagai tempat menyimpan file instalasi Windows 10. Jika masih bingung dibagian partisi ini silahkan pilih saja yang primary drive dari salah satu pilihan partisi yang tersedia.

partisi windows 10

  1. Gunakan pengaturan cepat dengan klik Use Express settings.

Product key windows 10

  1. Lewati Sign In akun Microsoft jika ada step akun microsoft.
  2. Tunggu proses selesai dan Windows 10 sudah terinstal di PC/laptop Anda.

Instal windows 10

Cara Instal Windows 10 dengan DVD

  1. Masukkan CD OS Windows 10 ke PC/laptop Anda lalu restart.
  2. Masuk ke Menu BIOS seperti yang sudah dijelaskan di atas.
  3. Masuk ke opsi boot dan pilih DVD atau CD pilihan merubah ini sama seperti pilihan merubah flasdick lalu pilih Save & Exit.
  4. Setelah itu PC/Laptop Anda akan melakukan restart lagi dan akan ada instruksi Press any key to boot from CD or DVD, maka Anda bisa memencet tombol random di keyboard Anda.
  5. Anda akan diminta untuk memilih bahasa, maka Anda silahkan untuk mengatur settingan bahasa yang ingin Anda gunakan saat proses instalasi ini berlangsung.
  6. Mulai proses instal Windows 10 dengan mengklik Instal Now (Jika dalam bahasa Inggris).
  7. Apabila Anda mendapati box dialog untuk melakukan aktivasi, maka lewati saja dengan klik I don’t have a product key.
  8. Anda akan disajikan beberapa tipe Windows 10 dan silakan pilih tipe Windows 10 yang Anda miliki dan ingin Anda install lalu klik Next.
  9. Anda akan disajikan ketentuan lisensi dari Windows 10. Sebaiknya Anda membaca ketentuan tersebut lalu jika Anda menyetujuinya, klik I accept the license terms dan klik Next.
  10. Pilih metode instalasi Windows 10. Saat memasuki langkah ini, Anda sebaiknya memilih Custom: Instal Windows only (advanced).
  11. Pilih drive atau partisi yang ingin Anda gunakan sebagai tempat menyimpan file instalasi Windows 10.
  12. Gunakan pengaturan cepat dengan klik Use Express settings.
  13. Lewati Sign In akun Microsoft.
  14. Tunggu proses selesai dan Windows 10 sudah terinstal di PC/laptop Anda.

Khusus untuk menginstal windows 10 dengan dvd semua proses sama seperti menginstal dengan menggunakan flasdick hanya 4 step awal diatas saja yang membedakannya.

Demikian panduan saya perihal cara instal Windows 10 secara sederhana dan mudah step by step nya yang bisa diikuti bagi pemula. Langkah selanjutnya adalah langkah aktivasi Windows 10. Langkah aktivasi tersebut akan diulas secara mendalam di artikel selanjutnya. Simak terus pembahasan menarik kami yang lain ya.

Penulis

Cahyo

Content writer Technote.id yang berdomisili di Aceh. Saya sajikan informasi-informasi menarik bagi Anda pembaca setia Technote.id.

Leave a Comment