Cara Kompres PDF

Saat ini, file PDF masih menjadi ekstensi yang populer di berbagai kalangan penggunanya. Banyak orang memilih untuk menyimpan dokumen mereka dalam bentuk PDF daripada dalam bentuk DOCX. Hal tersebut dikarenakan mereka lebih nyaman saat membagikan dokumen mereka kepada orang lain.

Sudah bukan hal yang baru lagi ketika dokumen PDF ketika dibagikan kepada orang lain format tulisannya tidak akan berubah kendati dibuka dengan program apapun.

Kelebihan tersebut memungkinkan penggunanya untuk langsung mencetak dokumen tanpa harus kembali mengedit tulisan yang rusak akibat berubah formatnya.

Berbagai instansi pun sudah mengharuskan para calon pelamar pekerjaan di tempat mereka untuk mengirimkan berkas-berkas lamaran dalam format PDF dengan batas ukuran tertentu.

Namun, bagi yang memiliki ukuran file terlalu besar, mereka pun mencari cara kompres PDF agar berkas mereka bisa sampai ke tangan HRD.

Apabila Anda saat ini juga sedang mencari cara kompres PDF, maka Anda sudah berada di halaman yang pas. Pasalnya, saya akan memberikan sedikit tips dan tutorial tentang cara memperkecil ukuran file PDF dengan cara mengompresnya. Silakan menyimak ulasan berikut ini.

Tutorial Cara Kompres PDF Sesuai Keinginan Secara Online

Saat ini, berbagai developer sedang berlomba-lomba untuk memasarkan produk dengan inovasi mereka masing-masing. Salah satu inovasi yang masih digunakan hingga saat ini adalah program untuk memperkecil ukuran file PDF.

Maka dari itu, saat ini sudah ada beragam cara kompres PDF sesuai keinginan yang bisa Anda terapkan.

Saya sudah merangkum beberapa cara kompres PDF sesuai keinginan yang bisa menjadi referensi Anda. Anda pun bisa mempraktikannya sendiri di rumah. Berikut adalah beberapa cara untuk mengompres file berekstensi PDF berdasarkan dengan pengalaman dan eksperimen saya.

A. Cara Kompres PDF dengan Small PDF

Small PDF adalah sebuah situs yang menyediakan layanan untuk mengompres sebuah dokumen berekstensi PDF. Jika Anda mengompres PDF dengan Small PDF, Anda tak perlu menginstal program apapun ke dalam PC atau laptop Anda.

Jadi Anda tak perlu khawatir dengan program yang bisa memperlambat performa PC atau laptop Anda.

Keunggulan yang dimiliki oleh Small PDF adalah adanya fitur untuk mendownload langsung hasil kompres PDF ke PC atau laptop dan juga menyimpannya di media penyimpanan online seperti Google Drive dan Dropbox.

Jika Anda ingin mencoba cara kompres PDF dengan Small PDF, maka silakan simak langkah-langkahnya berikut ini.

1. Silakan Anda buka Small PDF dengaan mengetikkan smallpdf.com pada adress bar browser favorit Anda.

2. Selanjutnya, Anda akan disajikan beberapa fitur yang dimiliki oleh Small PDF ini.

3. Karena kita akan melakukan kompresi file berekstensi PDF, maka silakan pilih menu Compress PDF.

Cara Kompres PDF

4. Setelah itu, silakan masukkan dokumen PDF yang akan Anda kompres dengan cara drag and drop file tersebut ke dalam situs Small PDF.

Cara Kompres PDF 2

5. Tunggu proses kompresinya hingga selesai.

6. Kemudian, apabila proses tersebut sudah selesai, silakan Anda pilih metode penyimpanan yang Anda kehendaki. Apakah Anda ingin mengunduhnya langsung atau menyimpannya di Google Drive atau Dropbox.

Cara Kompres PDF 3

B. Cara Kompres PDF dengan Adobe Acrobat Pro Document Cloud

Adobe Acrobat Pro Document Cloud atau yang biasa disebut dengan Adobe Acrobat DC merupakan program berbayar yang dibuat oleh Adobe. Seperti namanya, program ini memiliki fitur-fitur tambahan yang tidak dimiliki oleh Adobe Acrobat biasa. Fitur tambahan tersebut salah satunya adalah layanan kompres dokumen PDF.

Baca juga: Cara Memisahkan File Pdf

Mengingat file berekstensi PDF adalah ciptaan dari Adobe, beberapa orang mengatakan bahwa akan lebih mudah file tersebut dikelola dengan program dari Adobe pula. Apabila Anda tertarik untuk mencoba mengompress PDF dengan menggunakan Adobe Acrobat Pro DC, berikut adalah langkah dan tutorialnya.

1. Silakan Anda masuk ke program Adobe Acrobat Pro DC yang sudah Anda instal. Jika belum terinstal silakan menginstalnya terlebih dahulu.

2. Setelah program tersebut terbuka, silakan masuk ke menu Reduced Size PDF. Caranya dengan klik File lalu klik Save As Other dan klik Reduced Size PDF.

Cara Memperkecil Ukuran PDF 12
Sumber: berakal.com

3. Selanjutnya, anda akan disajikan kotak dialog baru yang muncul setelah Anda pilih Reduced Size PDF. Pilih saja Retain existing pada pilihan Make compatible with.

4. Kemudian, klik OK dan pilih direktori penyimpanan yang Anda kehendaki. Jika sudah klik Save.

Demikianlah ulasan saya soal cara kompres PDF, jika Anda masih belum paham dengan tutorial dan langkah-langkah di atas, silakan tanyakan saja melalui kolom komentar yang tersedia. Terima kasih.

Penulis

Cahyo

Content writer Technote.id yang berdomisili di Aceh. Saya sajikan informasi-informasi menarik bagi Anda pembaca setia Technote.id.

Leave a Comment