Cara Membuat Aplikasi Android

Cara membuat aplikasi android dengan mudah sangatlah dibutuhkan saat ini. Hal ini dikarenakan semakin banyak pihak yang membantu manusia lainnya agar dapat merasakan kemudahan dalam memenuhi kebutuhannya masing-masing. Cara ini sangat penting terutama bagi Anda yang pemula ataupun bagi para programmer.

Cara Membuat Aplikasi Android Tanpa Coding

Aplikasi yang ada di Google PlayStore merupakan contoh dari aplikasi sederhana, sedang dan rumit yang bisa menjadi acuan Anda.

Semua aplikasi tersebut memiliki berbagai fungsi dan tujuan yang berbeda-beda. Karenanya sebelum menerapkan cara membuat aplikasi android, Anda perlu untuk memilih jenis aplikasi apa yang akan dibuat nantinya.

Tentunya, sebelum membuat aplikasi Anda harus mempersiapkan beberapa hal seperti aplikasi, komputer dengan spesifikasi yang memadai dan lainnya. Setidaknya ada dua software yang harus di install yaitu:

  1. Aplikasi JDK

Aplikasi satu ini berfungsi untuk melakukan kompilasi bahasa pemrograman java menjadi bytecode. Pasalnya, pada aplikasi android biasa memakai bahasa program bytecode.

  1. Android Studio

Aplikasi berikut ini dikenal dengan nama IDE (Integrated Development Environment) sebagai pembuat aplikasi tersebut. Menurut creator aplikasi ini, bahwa dengan memakai android studio Anda bisa melakukan berbagai pengeditan dengan lebih karena memiliki fitur yang banyak dan lengkap.

android-studio-logo

Setelah melakukan instalasi dua aplikasi atau software. Maka, langkah selanjutnya adalah menerapkan cara membuat aplikasi android melalui aplikasi tersebut dengan mengikuti langkah-langkah di bawah ini, yaitu:

  1. Membuat Struktur Projek dan Interface

Jika Anda merupakan pemula, maka hal yang harus Anda lakukan adalah membuat  new android studio projek baru. Hal ini berguna sebagai media dasar untuk membuat aplikasi android.

  1. Membentuk Linear Layout

Linear layout adalah kelompok tampilan yang bisa diatur sejajar baik itu vertikal ataupun horizontal. Jadi, dengan membuat linear layout yang sesuai Anda bisa mengatur ke arah vertical atau horizontal dengan mudah sesuai dengan kebutuhan.

  1. Mengatur Relative Layout

Cara berikutnya adalah dengan membuat tampilan grup dari struktur kode yang berfungsi untuk mengatur berbagai komponen di dalamnya. Karenanya, Anda perlu mempelajari berbagai kode pemrograman beserta fungsinya agar aplikasi akhir dapat berfungsi dengan baik.

Baca juga: Urutan Versi Android Dari 1.0 Sampe (Pie) Versi 9.0

Setelah mengenal tiga cara membuat aplikasi android dasar, Anda juga perlu mengenal apa saja jenis dan bagian tampilan dari suatu aplikasi yang akan dibuat. Setidaknya ada contoh dari aplikasi yang telah ada beserta dengan dasar penjelasannya, yaitu:

  1. Splash Screen

Merupakan tampilan sebelum masuk ke menu atau halaman utama. Hal ini berguna untuk memberi efek yang menarik ketika user memakai aplikasi tersebut. Contoh aplikasi yang memakai fitur ini adalah twitter, youtube, skype dan lainnya.

  1. User Interface Dashboard Menu

Hal ini merupakan tampilan menu utama yang di desain dengan bagus dan rapi agar menarik perhatian para pengguna. Untuk membuat menu utama yang menarik Anda bisa meniru aplikasi lainnya sebagai acuan utama.

  1. Web View dan Progress Bar

Cara membuat aplikasi android berikutnya berfungsi untuk membuka web tertentu tanpa harus melalui aplikasi browser terlebih dahulu. Aplikasi ini berguna bagi Anda yang merupakan seorang blogger yang ingin memeriksa suatu web khusus seperti surat kabar dan lainnya.

  1. Custom Font

Layaknya desain grafis, Anda juga bisa membuat dan menerapkan font yang dibuat sendiri untuk mempercantik aplikasi buatan masing-masing. Membuatnya juga cukup mudah, namun membutuhkan kreatifitas. Namun, Anda bisa memakai font bawaan sebagai tahap awal Anda.

Tentunya Anda bisa memakai software untuk membuat aplikasi tanpa harus menggunakan coding. Cara ini lebih mudah dan praktis namun memiliki beberapa keterbatasan karena tidak bisa melakukan pengaturan secara mendetail seperti proses coding.

Beberapa software yang dapat Anda coba adalah Appey.io, AppMakr, AppMachine, Good Barber, Appy Pie dan lainnya. Semua software ini ada yang gratis dan berbayar sehingga Anda harus mempertimbangkan biaya dan fitur yang tersedia sebelum memilih software tersebut.

Nah, itulah cara membuat aplikasi android lengkap beserta langkah dan pengenalan dasar yang perlu Anda ketahui. Jadi, cara di atas bisa menjadi acuan dasar ataupun pengenalan yang dapat membantu Anda sebagai pemula dalam membuat aplikasi android.

Penulis

Cahyo

Content writer Technote.id yang berdomisili di Aceh. Saya sajikan informasi-informasi menarik bagi Anda pembaca setia Technote.id.

Leave a Comment