Cara Mengembalikan File yang Terhapus di Android

Menghapus file yang tidak digunakan atau tidak perlu terkadang dibutuhkan agar memori smartphone Anda kembali lega. Ketika menghapus file-file tidak perlu tersebut terkadang Anda tidak sengaja menghapus file lain yang masih ingin disimpan.

Hal tersebut tentu saja membuat Anda kecewa dan ingin mengembalikan file seperti semula. Masalahnya cara mengembalikan file yang ada sering kali mengharuskan Anda untuk melakukan root pada smartphone.

Sehingga banyak diantara Anda yang memilih mengikhlaskan file tersebut terhapus. Namun kini Anda tidak perlu khawatir, karena sebenarnya ada cara mengembalikan file yang terhapus di Android tanpa root.

cara mengembalikan file yang terhapus di andoird

Inilah Cara Mengembalikan File yang Terhapus di Android Tanpa Root

1. Menggunakan FonePaw Android Data Recovery

Anda tidak perlu kecewa berlebihan hanya karena kehilangan file penting yang tersimpan di smartphone. Pasalnya cara mengembalikan file yang terhapus di Android tanpa root sangat mudah untuk Anda ikuti.

Tanpa pengalaman sekalipun, Anda bisa mengikuti dengan baik setiap langkah demi langkah yang ada. Berikut ini merupakan langkah demi langkah mengembalikan file yang terhapus di Android tanpa root:

  1. Unduh dan pasang aplikasi FonePaw Android Data Recovery. Setelah itu langsung saja masuk ke aplikasi tersebut.
  2. Hubungkan smartphone Android Anda dengan PC atau Laptop. Hubungkan secara manual jika tidak terdeteksi secara otomatis. Jangan lupa mengaktifkan pengaturan USB Debugging di smartphone Anda.
  3. Akan muncul beberapa opsi pada layar, selanjutnya pilih opsi jenis file dengan mencentangnya. Tekan Next untuk melanjutkan.
  4. Setelah itu Anda akan melihat data yang telah terhapus dipindai menggunakan aplikasi. Pilihlah file yang ingin dikembalikan dan tekan Recover untuk mengembalikannya. Anda tinggal menunggu proses recovery selesai dan file akan kembali ke folder PC yang dituju.

2. Menggunakan Recuva

Jika Anda merasa kurang berkenan dengan cara mengembalikan file yang terhapus di Android tanpa root tersebut, masih ada cara lainnya yang bisa diikuti.

Cara ini bisa Anda gunakan untuk menghapus file seperti video, foto, gambar, musik, dan lain sebagainya. File-file tersebut memang paling sering terhapus ketika Anda melakukan pembersihan pada smartphone.

Apabila mengalami masalah karena kehilangan file foto, video, atau musik, yang penting ikuti cara mengembalikan file yang terhapus di Android tanpa root berikut ini:

  1. Unduh dan pasang aplikasi Recuva.
  2. Ambil kartu memori yang file-nya terhapus kemudian sambungkan ke PC menggunakan Card Reader. Setelah terhubung dengan PC, kemudian masuk ke aplikasi Recuva.
  3. Pilih salah satu opsi yang ada di aplikasi Recuva, lalu tekan Next.
  4. Setelah itu pilihlah lokasi file yang akan Anda cari dengan cara menekan In a Specific Location.
  5. Browse untuk memilih letak lokasi, lalu tekan Next.
  6. Centanglah opsi Enable Deep Scan, lalu tekan Start.
  7. Proses memindai akan dimulai.
  8. Jika proses selesai, akan ditampilkan berbagai macam file yang telah terhapus. Pilih file yang akan dikembalikan, kemudian tekan Recover.

3. Menggunakan Mobikin Doctor for Android

Cara mengembalikan file yang terhapus sebelumnya adalah khusus untuk file berbentuk musik, video, atau gambar saja. Jika Anda kehilangan file kontak, ada cara mengembalikan file yang terhapus di Android tanpa root lain yang bisa dipakai.

Sama seperti cara-cara di atas, cara mengembalikan file kontak juga sangat mudah untuk diikuti.

Langsung saja, berikut ini adalah langkah demi langkah mengembalikan file kontak yang terhapus:

  1. Unduh dan pasang aplikasi Mobikin Doctor for Android di Google.
  2. Selanjutnya buka aplikasi Mobikin Doctor for Android yang telah Anda install tersebut. Secara otomatis aplikasi ini akan memindai device yang terhubung dengan PC.
  3. Jika selesai memindai, file kontak yang terhapus di smartphone Anda akan ditampilkan secara lengkap.
  4. Pilihlah file mana saja yang ingin Anda kembalikan, setelah itu tekan Recover.
  5. Tunggu proses hingga selesai dan Anda akan mendapatkan kembali kontak penting yang sudah terhapus.

Itulah 3 cara mengembalikan file yang terhapus di Android tanpa root. Dibandingkan harus melakukan root terhadap smartphone Anda, cara-cara di atas jauh lebih mudah dan minim resiko.

Pasalnya smartphone yang diroot tentu saja memiliki kekurangannya tersendiri. Semoga cara di atas berhasil membantu Anda mengembalikan berbagai jenis file yang telah hilang.

Penulis

Cahyo

Content writer Technote.id yang berdomisili di Aceh. Saya sajikan informasi-informasi menarik bagi Anda pembaca setia Technote.id.

Leave a Comment