Cara Menggunakan Rufus

Saat ini, sudah ada berbagai macam software yang berguna untuk membantu para penggunanya dalam melakukan instalasi sistem operasi. Salah satu software yang saat ini sedang populer adalah Rufus.

Rufus menjadi salah satu software yang diandalkan ketika pengguna ingin menginstal Windows ke PC/laptop mereka. Rufus berguna sebagai software yang memungkinkan para penggunanya untuk memformat dan mengubah USB flashdisk konvensional menjadi USB flashdisk bootable.

Cara menggunakan rufus.1

Sebagai informasi, flashdisk bootable saat ini menjadi salah satu komponen yang diperlukan jika ingin menginstal Windows 7, Windows 8, dan Windows 10 menggunakan flashdisk. Software buatan Pete Badard Rai Akeo Consulting itu bisa membantu mengubah flashdisk biasa menjadi media instalasi sistem operasi.

Sudah ada banyak informasi perihal cara menggunakan rufus di berbagai blog atau media teknologi. Namun, tidak semua blog tersebut memberikan informasi secara sederhana dan mudah dipahami. Di artikel ini, saya akan menjelaskan langkah-langkah yang paling mudah untuk menggunakan Rufus tersebut. Berikut langkah-langkahnya.

Cara Menggunakan Rufus Windows 7

Kendati saat ini sudah ada pemberitahuan dari Microsoft soal mereka yang akan menghentikan support pada tahun 2020, nyatanya orang-orang masih melakukan instalasi Windows 7 di PC/laptop mereka.

Maka dari itu, banyak dari pengguna windows saat ini mencari cara untuk mengubah flashdisk mereka yang biasa menjadi flashdisk bootable agar bisa digunakan untuk menginstal ulang Windows 7. Jika Anda ingin menginstal Windows 7 menggunakan flashdisk, berikut adalah langkah-langkah yang bisa Anda gunakan sebagai referensi.

Cara menggunakan rufus.2

  1. Download dulu software Rufus di situs resminya. Setelah mendownload, Anda sebaiknya menginstal Rufus di partisi selain flashdisk yang ingin Anda gunakan sebagai flashdisk bootable.
  2. Setelah Anda mendownload dan menginstal Rufus ke PC/laptop Anda, setelah itu buka software tersebut dan masukkan flashdisk yang akan digunakan sebagai media instalasi Windows 7.
  3. Rufus akan mendeteksi secara otomatis apakah ada flashdisk yang tertancap di PC/laptop Anda atau tidak. Rufus juga akan mendeteksi data seperti kapasitas flashdisk, nama hardware, dan lain-lain.
  4. Setelah itu, Anda bisa mengabaikan data misalnya Partition scheme and target system type, File system, Cluster size, dan New Volume Label secara default.
  5. Pada bagian “Create a bootable disk using” Anda bisa mengubah bagian FreeDOS menjadi ISO Image dan pilihlah file ISO atau master untuk instalasi Windows 7. Jika Anda Rufus versi 3.0.1304, Anda bisa memilih ISO Image di bagian Boot selection.

Cara menggunakan rufus.3

  1. Pastikan file yang ada di dalam flasdick yang ingin Anda jadikan bootable sudah di backup terlebih dahulu, karena rufus akan otomatis memformat isi data yang ada di dalam nya.
  2. Jika sudah, Rufus akan membutuhkan beberapa saat untuk membaca file ISO Anda dan apabila proses itu sudah selesai, klik start untuk mulai format dan transfer file ISO ke flashdisk bootable Anda.
  3. Jika muncul box dialog peringatan, Anda bisa mengabaikannya dengan cara klik OK dan tunggu hingga selesai.
  4. Apabila proses sudah selesai, maka akan muncul notifikasi DONE dan Anda bisa menutup software Rufus dan melakukan instalasi Windows 7 menggunakan flashdisk bootable Anda.

Cara Menggunakan Rufus Windows 10

Cara menggunakan software ini untuk membuat flashdisk menjadi flashdisk bootable dan bisa digunakan untuk menginstal Windows 10 terbilang mudah. Langkah-langkahnya hampir sama dengan cara yang digunakan untuk menginstal Windows 7 di atas.

Namun, bedanya ketika Anda memilih file ISO di tab Create a bootable disk using, Anda jangan memilih ISO Image untuk instalasi Windows 7. Anda harus mempersiapkan dulu ISO Image Windows 10 atau file masternya untuk kemudian Anda pilih di tab Create a bootable disk using. Pilih file master yang sudah tersimpan di komputer Anda, lalu lalukan hal berikutnya seperti cara di atas. Setelah selesai Anda bisa langsung untuk menginstall ulang Windows 10 yang di inginkan.

Baca : Cara Install Ulang Windows 10 Menggunakan Flasdick

Demikianlah pembahasan kami mengenai cara menggunakan Rufus. Apabila Anda memiliki pertanyaan seputar software Rufus ini, Anda dipersilakan untuk mengajukannya melalui kolom komentar yang tersedia. Anda juga bisa menyampaikan pertanyaan Anda melalui halaman Kontak yang kami siapkan.

Jika Anda sudah bisa menggunakan Rufus untuk mengubah flashdisk biasa menjadi flashdisk bootable, maka langkah selanjutnya adalah menuju ke proses instalasi system operasi tersebut. Kami sudah pernah mengulas soal cara instalasi Windows 7 dan cara instalasi Windows 10 yang bisa Anda gunakan sebagai referensi. Simak juga ulasan menarik kami yang lainnya ya. Terima kasih.

Penulis

Cahyo

Content writer Technote.id yang berdomisili di Aceh. Saya sajikan informasi-informasi menarik bagi Anda pembaca setia Technote.id.

Leave a Comment