Fastboot Xiaomi

Fastboot merupakan salah satu mode yang ada pada perangkat smartphone dengan sistem operasi Android. Xiaomi memiliki mode Fastboot yang memungkinkan Anda untuk bisa mengopreknya dengan mudah.

Istilah ini memang bukan hal yang baru lagi bagi Anda yang suka mengoprek smartphone Android. Pasalnya dalam mode fastboot, Anda bisa melakukan update, flashing, maupun recovery image.

Semua cara fastboot Xiaomi yang ada bisa dilakukan pada berbagai macam tipe HP Xiaomi baik yang sudah lama maupun yang terbaru.

cara fastboot xiaomi

Tutorial dan Cara Fastboot Xiaomi dengan Mudah

Karena berhubungan dengan instalasi update dan recovery, mode Fastboot tidak bisa dimasuki dengan mudah. Hal tersebut tentu saja dilakukan untuk melindungi Anda yang tidak paham oprek terjebak pada mode tersebut.

Pasalnya, jika Anda tidak paham mengenai oprek Android bisa saja sistem operasi di smartphone menjadi bermasalah sehingga fungsi smartphone tidak berjalan seperti biasa.

Berikut ini merupakan  cara fastboot Xiaomi yang paling mudah dilakukan:

  1. Tekan dan tahan tombol Power + Volume Bawah (-) selama beberapa detik secara bersama-sama.
  2. Lalu akan muncul logo Fastboot pada layar.
  3. Jika sudah muncul logo Fasboot maka segera lepaskan tombol power dan volume bawah yang Anda tekan.
  4. Selain menekan volume bawah, ada beberapa varian Redmi yang menggunakan volume atas untuk masuk ke mode fastboot. Caranya yaitu dengan menekan dan menahan tombol Power + Volume Atas (+) secara bersama hingga muncul tulisan China.
  5. Pilihlah opsi Fastboot, maka smartphone Xiaomi Anda akan restart sendiri. Saat menyala, Anda sudah berada di mode Fastboot.
  6. Sedangkan untuk keluar dari mode ini, cukup tekan tombol Power selama beberapa saat hingga perangkat melakukan restart.

Selain cara di atas, ada cara fastboot Xiaomi lain yang bisa Anda jadikan alternatif. Sebelum memulainya, Anda harus melakukan persiapan terlebih dahulu.

Baca juga: 2 Cara Reset HP Xiaomi Kembali Ke Pengaturan Pabrik

Hal yang harus Anda persiapkan diantaranya adalah PC atau Laptop dengan Sistem Operasi Windows 7 ke atas, kabel USB, aplikasi Xiaomi Android USB Driver agar PC bisa mengenali perangkat Xiaomi, serta aplikasi 15 Seconds ADB Installer yang berfungsi sebagai Fastboot command dan driver untuk pengaturan perangkat.

Jangan lupa, Anda juga harus mengaktifkan OEM Unlock dan USB Debugging Mode. Caranya yaitu pergi ke menu Settings > pilih sub menu About Phones > Tab 7 kali di MIUI hingga muncul notifikasi You are a developer Now > pindah ke Additional Settings > pilih Developer Options > kemudian Aktifkan USB Debugging.

Jika semua persiapan sudah dilakukan, cara fastboot Xiaomi yang bisa Anda ikuti adalah sebagai berikut:

  1. Hubungkan smartphone Xiaomi Anda ke PC atau Laptop menggunakan USB.
  2. Masuk ke folder C:\adb.
  3. Pada bagian kosong di dalam folder tersebut tekanlah kombinasi tombol SHIFT + Klik Kanan. Selanjutnya tekan pilihan Open Command Window Here.
  4. Akan muncul jendela pada desktop Anda.
  5. Tulis perintah adb devices pada jendela yang tampil. Perintah ini berfungsi untuk mengecek apakah device terkoneksi pada mode ADB. Jika muncul kode acak maka device sudah terkoneksi, jika belum muncul maka Anda harus memastikan bahwa driver sudah terhubung dan USB Debugging sudah aktif. Namun jika keluar notifikasi unauthorized maka buka smartphone Xiaomi Anda, disana akan ada notifikasi permintaan izin. Tekan saja opsi OK.
  6. Setelah itu tulis lagi perintah adb devices pada jendela command window hingga muncul pesan attached.
  7. Jika sudah, masuklah ke menu fastboot dengan mengetikkan perintah adb reboot bootloader. Secara langsung Anda akan masuk ke mode fastboot.
  8. Untuk memastikannya, ketik perintah fastboot devices. Akan muncul kode acak jika sudah berhasil terkoneksi dan terdeteksi. Cara fastboot Xiaomi ini memang cukup rumit sehingga cocok untuk Anda yang hobi oprek atau tombol volume-nya rusak.
  9. Sedangkan untuk keluar dari mode fastboot, Anda hanya perlu mengetikkan perintah fastboot reboot.

Itulah ulasan saya mengenai 2 cara fastboot Xiaomi yang bisa Anda coba. Dengan masuk ke mode fastboot, Anda bisa melakukan berbagai perubahan pada device Xiaomi sehingga semakin menarik untuk digunakan. Semoga cara di atas mudah dipahami terutama untuk Anda yang masih pemula.

Penulis

Cahyo

Content writer Technote.id yang berdomisili di Aceh. Saya sajikan informasi-informasi menarik bagi Anda pembaca setia Technote.id.

Leave a Comment